Thursday, November 1, 2012

lima tahun bersamamu

Kira-kira sejak 1.5 tahun yang lalu, Multiply.com menambah fitur e-commerce dalam situsnya. Jadi, selain menyediakan 'lapak' jejaring sosial untuk blogging, berbagi foto dan musik, pengguna Multiply bisa melakukan jual-beli berbagai macam barang. Ngobrol punya ngobrol, fitur ini ternyata tidak diterima dengan begitu baik oleh para pengguna jejaring sosialnya, saya salah satunya. Jadi ganggu liat barang-barang jualan, apalagi jadi makin banyak iklan berjalannya. Seiring makin berkembangnya e-commerce di Multiply, akhirnya bulan Agustus lalu, Multiply secara resmi mengumumkan akan menghapus fungsi jejaring sosial (blogging, berbagi foto dan musik) selamanya dari situsnya, untuk lebih fokus menjadi situs e-commerce per Desember 2012. Ppftt.
Tandanya saya harus segera mencari blog baru untuk menampung tulisan-tulisan semi-private saya. Tulisan semi-private ini maksudnya curhatan yang kalau diceritain ke sahabat saya secara langsung bakalan panjang banget, atau memang kalau lagi ngga sempet ketemuan sama si sahabat, saya bikin tulisan itu, biar dia bisa baca langsung. Hehehe.

Mencari blog dengan fitur seperti Multiply sama susahnya kaya nyari jarum di tumpukan jerami. Ngga ketemu-ketemu sampai sekarang. Karena cuma di Multiply aja saya bisa curhat lewat tulisan dan kemudian bisa di-setting siapa aja yang boleh baca, selama mereka anggota Multiply juga. Berhubung Multiply udah mau tutup, akhirnya terpaksa deh saya bikin blog baru yang isinya benar-benar di-private semua, demi menampung curhatan (baca: postingan semi-private) saya yang terdahulu. Ribet. Ppftt lagi..

Soal tulisan lain di Multiply sih ngga begitu bermasalah, karena beberapa waktu lalu saya udah sempat mindahin semuanya ke blogspot ini, dengan cara copy paste secara manual. Kerajinan bener ya. Abisnya gangu sih liat barang-barang jualan di Multiply (masih sensi). Proses copy paste manual itu kurang lebih selesai dalam tiga bulan. Hehehe.. yang bikin sedih bakalan keilangan banget sama komen dudul temen-temen anggota Multiply di postingan. Cuma di Multiply doang yang bisa komen-komenan sampai panjang, karena ada notifikasinya kalau postingan kita di-komen, begitupun kalau kita bales komen. Ya begitu deh pokoknya.



Tak terasa udah lima tahunan Multiply jadi teman cerita saya yang paling setia. Dari cerita konyol masa kuliah, postingan ngga penting, curhatan galau sampai serunya dunia kerja. Goodbye, Multiply. Terimakasih sudah menemani masa-masa gamang dan galau saya, menemani saya tumbuh sampai sekarang. Bakalan kangen banget cerita galau disitu :')

No comments:

Post a Comment