Thursday, November 1, 2012

Perjalanan Penuh Kesan

Perjalanan penuh kesan yang akan saya ceritakan disini ada dua episode. Destinasinya tidak jauh, tidak keluar dari pulau Jawa: Bandung dan Semarang-Jogja. Biaya yang dikeluarkan tidak banyak. Tempat wisata yang didatangi juga tempat wisata yang biasa didatangi para pelancong. Lalu, apa istimewanya?

Sebelum melakukan perjalanan, biasanya yang saya lakukan adalah membuat rencana mau kemana aja saat sampai di daerah tujuan. Berbeda dengan biasanya, dalam dua perjalanan kali ini, saya tidak membuat rencana apa-apa. Ceritanya mau ngikutin kemana kaki melangkah.

Bandung
Diawali dengan keinginan melepas stres pasca-UAS kuliah semester lima. Banyaknya tugas kuliah ditambah lagi deadline kerjaan yang cukup banyak (saat itu saya masih kerja sambil kuliah) akhirnya membuat saya dan sembilan orang teman sekampus kabur ke Bandung secara impulsif. Awalnya cuma ngomong-ngomong aja "Eh, ke Bandung, yuk" dan ditimpali dengan "Yaudah besok berangkat ya. Kabarin anak-anak lain, kumpul di Citos jam 10". Dan berkumpullah kami di Citos jam 10. Saya waktu itu cuma bawa uang sekitar Rp300.000. Agak-agak khawatir cukup ngga nih ya buat tiga hari dua malam. Tapi terus mikir yaudah kalau kurang uang tinggal minjem dulu sama siapa gitu, gampang deh. Tunggu punya tunggu, akhirnya kami baru berangkat jam 12, tanpa ditemani sinar matahari. Off we go to Bandung with the cloudy weather.

Kelaparan mulai melanda tatkala memasuki tol Cipularang, mendengar rekomendasi getol saya tentang enaknya tahu sumedang di rest area km 88, akhirnya kami memutuskan untuk berhenti beristirahat sambil cari cemilan disitu. Biasa memang kalau saya ke Bandung sama keluarga, pasti mampir beli tahu sumedang di km 88. Jadi, merapatlah kami ke gubuk tempat jualan tahu sumedang tersebut. Saat itu tahunya lagi digoreng. Kebayangnya, enak banget makan tahu sumedang hangat pakai rawit pas mendung-mendung. Dan pesenan tahu pun datang, tanpa babibu lagi langsung dicomot dong. Dan jeng jeng..rasanya tawar aja lho, ngga ada asin-asinnya, ngga ada gurih-gurihnya, dan kosong pula isinya, seperti tahu pong. Muka temen-temen saya waktu itu udah anyep banget deh. Lapar, ekspektasi udah tinggi, taunya blaaarr.. ngga enak tahunya. Hahahaha..

ngga sabar nungguin pesenan tahu sumedang 'legendaris'

Sampai di Bandung, kami langsung menuju penginapan. Berlokasi di sekitaran Jl.Riau yang terkenal dengan pusat belanja dan hingar bingar kemacetan, nyempil wisma R.Soemarto. Penginapan kecil yang bentuknya seperti rumah-rumah kontrakan. Satu kamar tanpa ac dan dengan seprei tempat tidur yang buluk itu ternyata bisa menampung hingga delapan orang. Karena kami bersepuluh, jadi kami memilih kamar yang ada 'connecting door'-nya sama kamar sebelah, yang memuat satu tempat tidur. Pas sepuluh orang tidur nyaman tanpa desak-desakan. Yang bikin tercengang adalah harga kamar per malamnya yang hanya Rp160.000! Bayangkan untuk menginap dua malam perorang hanya mengeluarkan kocek sebesar Rp33.000 saja! *ketawa puas*

kamar wisma supermurah

Di Bandung akhirnya diisi dengan makan di RM Ampera, mengunjungi Kawah Putih, ke Paris Van Java Mall cuma buat makan KFC (ditraktir sama Fajri. Makasih Fajri, tau aja kalau temen-temennya lagi kere), mampir di The Peak cuma buat minum Hot Chocolate-nya aja, sarapan di Yoghurt Cisangkuy dan minum susu sapi hangat tengah malem di Lembang. Alhamdulillah Rp300.000-nya cukup buat semua-muanya, termasuk patungan uang bensin dan beli oleh-oleh dua bungkus pisang molennya Kartika Sari. Liburan singkatnya isinya makan-makan terus ya. Biarin deh kan diselingin sama ketawa ngakak jadi kalorinya kebakar lagi :))
pasukan cumi-cumi

walau cuma minum hot chocolate, tapi yang penting bisa liat kecenya
lampu-lampu kota Bandung dari ketimggian

pose dan foto sepuasnya di kawah putih

Anehnya, selama tiga hari dua malam kami di Bandung itu, jadi sering banget ketemu sama angka delapan. Selain kami berdelapan di mobil (dua orang lagi bawa mobil sendiri), paling seringnya nih ngga sadar tiba-tiba pas makan duduk di meja yang ada angka delapan-nya. Sepulang dari Bandung, kami pun sepakat menamakan geng kami, geng 88TS (TS = Tahu Sumedang). Ngerti kan alasannya kenapa. Btw, saya pernah nulis sedikit cerita soal jalan-jalan Bandung ini di blog ini. Kalau mau baca klik ini aja yaa..

Sekarang geng ini udah makin banyak anggotanya dengan tambahan pasangan hidup dari beberapa personilnya yang sudah menikah. Beberapa kali kami ngumpul-ngumpul dan jalan-jalan ke tempat yang tak biasa, seperti piknik ke pemakaman San Diego Hills atau makan sate kambing di Maranggi, Purwakarta.

Semarang-Jogja
Rencana awal mau ke Karimun Jawa sama pacar saya saat itu dan tiga orang temen-temen kantor yang suka pulang bareng naik kereta Tanah Abang-Serpong. Berhubung beberapa hari sebelum keberangkatan, kami mendengar ada badai di perairan utara Jawa yang menyebabkan banyak orang terjebak ngga bisa balik ke Jepara/Semarang dari Karimun Jawa, akhirnya kami membatalkan keberangkatan kesana. Mubazir dengan tiket kereta Jakarta-Semarang yang udah dibeli, akhirnya kami tetap berangkat ke Semarang, Jumat malam setelah ngantor.

Dengan uang seadanya, kami pun menamakan perjalanan ini adalah perjalanan tim kere. Naik kereta Senja Utama Semarang kelas ekonomi, kami sampai di Semarang menjelang subuh. Di stasiun Tawang udah ada istri mas Ajie, salah satu teman kantor saya, yang menjemput. Kebetulan memang mas Ajie dan istrinya yang waktu itu sedang hamil 6 bulan tinggal di Semarang dan bekerja di Jakarta. Jadi, mas Ajie tiap jumat sore pasti pulang ke Semarang, senin balik ngantor lagi. Sesuatu bener yaa..

Sebelum sampai ke rumah mas Ajie, kami mampir dulu ke daerah Simpang Lima untuk makan nasi ayam khas Semarang yang endeus itu. Murah.. Rp5.000 aja super kenyang :D Kelar sarapan, sampai rumah mas Ajie, kami numpang tidur dulu. Dan lalu secara impulsif berangkat ke Jogja. Di tengah perjalanan ke Jogja, mampir makan pecel di Ambarawa deket Goa Maria, yang lagi-lagi bikin terkaget-kaget saking murahnya, ngga sampai Rp10.000 udah kenyang makan sama minum es dawet ayu. Nyaamm..

muka happy ketemu pecel

Sampai Jogja check-in di penginapan yang lagi-lagi murah meriah Rp100.000 aja semalem dan muat tidur berlima tanpa desak-desakan. Kondisi ya begitu deh, kamar mandinya ya begitu deh. Tapi lumayanlah yaa buat numpang tidur aja. Di Jogja dihabiskan dengan keliling-keliling kota. Sowan ke Kaliurang, tadinya mau masuk museum Ullen Sentalu, namun berhubung tiket masuknya cukup mahal (Rp25.000). Namanya juga tim kere, 25.000 aja diitung. Hahaha. Akhirnya kami numpang foto-foto aja di depan museum, ujung-ujungnya malah melipir ke kawasan Merapi, lanjut makan ayam penyet, angkringan, sampai ngejar liat sunset di Parangtritis, udah ngebut-ngebut jalannya, eh ngga kedapetan gara-gara sempet nyasar.

tetap aksi walau tak mampu bayar retribusi

mengejar sunset sampai parangtritis

sendunya merapi

Kami juga sempet nonton pertandingan Inggris vs Jerman di sebuah cafe. Awalnya muter-muter nyari tempat nonton bola yang biasa-biasa aja. Tapi berhubung pertandingan udah mau mulai, akhirnya menepilah kami di Lumbung Padi Cafe. Untungnya masih dapat meja di depan screen, screen-nya gede banget, cafe-nya kece deh. Udah kebayang bakalan pesen minum doang karena penampakan cafe yang cukup oke. Eh pas liat menunya, murah-murah makanannya ternyata. Steak aja cuma Rp20.000-an yaudah langsung jumawa pesan macem-macem. Bahagiaaaa :D Pulang dari Jogja, balik ke Semarang, sempetin ke Lawang Sewu dan makan tahu gimbal di depan SMA 1. Dan malamnya kami pun balik ke Jakarta naik bus. Selama perjalanan Jakarta-Semarang-Jogja-Semarang-Jakarta banyak banget kejadian seru yang terjadi, banyakan sih nyasar-nyasar, tapi justru malah nemuin tempat-tempat makan baru yang enak-enak.

tim kere nonton bola di cafe kece
lawang sewunya jadi ngga serem kan kalo diliat-liat gini

Kesimpulannya: "Making an itinerary before traveling is important. But sometimes we find unexpected things and thousand of excitement when traveling without plan"