Saturday, March 31, 2012

Dear Jodohku

Its Friday. It means another theme for #ngeblogramerame. Kali ini temanya adalah Dear Jodohku. Hemm berhubung penulis masih berusaha menemukan jodoh sebagai pendamping hidupnya, maka postingan kali ini membicarakan soal jodoh secara umum. Sempat pusing tujuh keliling memikirkan mau nulis apa dari tema ini. Akhirnya di hari Jumat pagi (sengaja datang lebih pagi ke kantor) saya mulai nge-draft tulisannya. Semoga sebelum jam pulang kantor udah selesai ya*

Jodoh. Apa itu jodoh? Menurut definisi saya, jodoh adalah ketika seseorang bertemu atau berkenalan dengan orang lainnya. Setelah berkenalan, bisa saja kedua orang tersebut menjadi teman, sahabat, kekasih, keluarga, atau bahkan pasangan hidup. Nah itulah jodoh. Ketika kedua orang tersebut memutuskan untuk menjalin sebuah hubungan. Ingat, hubungannya ngga mesti percintaan lho. Dalam perjodohan, tentu ada campur tangan Tuhan, Dia membantu mempertemukan individu yang satu dengan yang lainnya dalam waktu yang baik sehingga keduanya dapat saling memberikan pengaruh, saling memberikan manfaat, menjadi sebuah hubungan yang simbiosis mutualisme. Waktu yang pas juga bermain dalam perjodohan ini. Kalau waktunya ngga pas ya gimana mau ketemu kan.

Salah satu teman saya dalam blognya sempat menuliskan kalau dalam perjodohan, Tuhan hanya membantu mempertemukan, sisa perjalanannya ya tergantung bagaimana usaha individu-individu yang berkecimpung dalam hubungan itu. Bisa sahabatan lama, temenan sebentar, atau awet pacaran, ya tergantung dari usaha dan bagaimana kedua individu tersebut saling memberikan pengaruh dan manfaat. Lucunya, Tuhan punya cara tersendiri, yang kadang tak terduga untuk mempertemukan makhluk-makhluknya. Coba inget-inget, gimana awalnya kamu ketemu sahabat kamu?

Kalau sekarang kita punya teman, sahabat, keluarga, kekasih, kenapa kita ngga berusaha untuk memperkuat silaturahminya, memperpanjang jodohnya. Sepanjang hubungan tersebut masih memberikan 'pengaruh' yang baik ya. Sepanjang hubungan tersebut masih memberi warna cantik dalam hidup kita. Lalu bagaimana dengan jodoh yang akhirnya menjadi pasangan hidup. Itu satu lagi misteri Ilahi. Ngga ada yang tau siapa dan kapan bisa bertemu dengan si jodoh pendamping hidup ini. Belum tentu kekasih yang sedang bersama kita saat ini adalah jodoh pendamping hidup kita kelak kan. Balik lagi ke usaha. Usahakan memperpanjang jodoh dengan sebaik-baiknya. And let God do the rest ;)

Berarti jodoh itu termasuk ketika saya ketemu di dunia maya dengan mba-mba cantik yang doyan nge-blog dalam komunitas #ngeblogramerame ya. Lalu, sampai kapan kita berjodoh? Semoga selamanya yaa... Kopi darat yuk, jeungs :)

*) Ternyata tulisannya baru selesai di hari Sabtu dinihari. Hahaha..maaf yaa teman-teman, hari Jumat kerjaannya rempong bener sih nih. Ngalahin hari Senin. Besok-besok nyicil tulisan beberapa hari sebelum deadline deh. :)

#ngeblogramerame

No comments:

Post a Comment