Friday, May 4, 2012

Kenangan Masa Sekolah

Selama masa sekolah saya tergolong anak yang biasa-biasa aja. Disaat anak-anak lain malas belajar atau mulai nakal, saya ngga pernah kepikiran. Jadinya ya lempeng belajar sama seru-seruan temenan aja, makanya kenangannya ya gitu-gitu aja. Hehehe. Walaupun ngga pernah mengalami pengalaman masa sekolah yang serunya kelewatan, tapi saya ngga pernah nyesel, hidup saya tetap berwarna, tetap penuh dengan tawa. Semuanya menyenangkan. Oiya, karena saya anaknya sedikit bermasalah sama sanitasi. Selama saya bersekolah dari TK-SMA, sangat jarang menemukan saya di kamar mandi untuk buang air kecil atau buang air besar. Ke kamar mandi ya cuma untuk ganti baju olahraga aja :p

Taman Kanak-kanak
Seperti anak-anak TK pada umumnya, waktu itu saya suka banget kalau disuruh nari. Pengalaman nari paling seru pas ikut di acara pembukannya Pondok Pinang Center. Ceritanya disitu saya nari pakai pom-pom layaknya cheerleader. Dengan lipstik merah, kaos, celana pink fuschia dan bandana putih, saya nari dengan semangatnya. Saking semangatnya malah bikin pom-pom saya jatuh berkali-kali. Grogi kali ya dapat posisi nari paling depan :D 

Waktu TK saya paling suka hari Rabu dan Sabtu. Kenapa? Karena hari Rabu adalah harinya berenang. Di sekolah saya memang ada kolam renangnya. Jadi tiap Rabu, saya dan teman-teman seru berkecipak-kecipuk di kolam, sambil diajari dasar-dasar berenang sama guru olahraga. Menanti-nantikan hari Sabtu minggu ke-2 dan ke-4 karena hari itu secara bergantian orangtua murid harus bawa makanan hasil masakan sendiri untuk dimakan sama-sama anak sekelas di jam makan siang. Kalau Mamah saya dapat giliran bawa makanan, dia pasti bawain Mie Goreng. Pagi-pagi buta sebelum ke sekolah, saya ikut bantuin Mamah masak. Tambah seneng lagi kalau masakan Mamah dibilang enak sama teman-teman sekelas.

Sekolah Dasar
Pengalaman paling ngga bisa dilupain adalah ketika saya lupa pakai miniset saat senam SKJ di suatu hari Kamis. Waktu itu sih memang bagian tubuh saya yang itu belum terlalu berbentuk gimana ya. Tapi tetep aja, alhasil seharian saya ngga pakai underwear deh. Untungnya abis itu ganti baju seragam batik sekolah, jadi ngga kentara-kentara amat :D

Yang lagi happening pas saya SD adalah pusat perbelanjaan Pondok Indah Mall (kebetulan SD saya deket banget sama PIM) dan Sunset. Sunset itu adalah sebuah lokasi di tengah-tengah area perumahan Pondok Indah tempat main RollerBlade. Iya, dulu saya kalau malam minggu nongkrong di Sunset sambil main roller blade, roller bladenya minjem pula, yang penting eksis :)). 

Ada cerita dengan Pondok Indah Mall. Suatu hari lagi ada class-meeting di sekolah. Tau kan class meeting? Biasanya diadakan menjelang kenaikan kelas, kalau udah ngga ada lagi bahan pelajaran, jadi sekolah seharian diisi dengan kompetisi olahraga. Berhubung cewek-cewek sekelas saya malas ikut olahraga akhirnya ber-13 meluncurlah kami ke Pondok Indah Mall. Dengan menaiki mobil sedan, kami sempit-sempitan dan pangku-pangkuan. Waktu itu masih ada aturan "Pelajar Berseragam Sekolah Dilarang Masuk Mall Sebelum Jam 13.00 WIB". Alhasil kucing-kucingan deh sama sekuriti, masuk mall satu-satu, terus langsung ke Fuji Image Plaza buat photobox. Ternyata ketauan sama sekuritinya kalau kita keliling-keliling di mall. Mengurungkan niat untuk muter-muter mall dan balik lagi ke Fuji, ngumpet di bilik photobox sampai jam satu siang.

Sekolah Menengah Pertama
Nah, di SMP saya punya sahabat namanya Zenny, teman sebangku saya. Karena rumah kami sama-sama di Bintaro jadilah tiap pulang sekolah saya nebeng pulang sama Zenny. Dulu kami pernah punya buku curhat. Tiap minggu ganti-gantian nulis atau gambar-gambarin buku curhat itu. Padahal tiap hari ketemu, ngapain juga coba nulis buku curhat mending ketemu langsung ngga sih? Hehehe. 

Di SMP juga saya mulai kenal dengan cinta monyet. Jadian yang pertama pas lagi karyawisata ke Dieng dan Wonosobo. Ceritanya saya lagi di kamar, nonton tv sama cewek-cewek terus ada yang nelepon di kamar. Eh ternyata gebetan saya. Ngobrol ngobrol terus ditembak, jadian deh, ngga bertahan lama cuma tiga bulan aja. Tapi manis :)

Sekolah Menengah Umum
TK-SMP saya bersekolah di sekolah swasta. Saat mau masuk SMA, saya bertekad harus masuk sekolah negeri. Mamah sih ngga setuju, takut anaknya kena pengaruh hal-hal negatif. Hadeuh, padahal anaknya emang lempeng. Untungnya Papah mendukung. Katanya, biar ngga manja. Jadilah saya masuk ke SMA negeri di Jl. Pattimura Raya. Cukup culture shock juga saya. Terbiasa dengan jadwal kelas di sekolah swasta yang teratur, di sekolah negeri, guru-gurunya beberapa kali ngga masuk dan yaudah jam kosong aja gitu. Akhirnya nongkrong di kantin. Belum sanitasi toiletnya yang cukup parah. Hemm.. Kalau dari TK-SMP saya anak jemputan dan nebeng temen, pas SMA mau ngga mau harus mandiri. Pulang naik angkutan umum. Kebetulan sekolahnya cukup jauh juga sama rumah. Kurang lebih 3x ganti-ganti angkot deh. Akrab banget sama terminal Lebak Bulus. Sempat jatuh pas turun dari bis, handphone kecopetan pun pernah.

Di SMA yang seru yaa naksir-naksirannya lah ya. Dulu saking banyaknya gebetan saya, sampai bisa dijadiin satu tim sepakbola :D  Kebetulan semuanya bisa main bola dan menempati posisi yang berbeda-beda. Eh gebetan ini beneran cuma naksir-naksiran, lucu-lucuan aja, ngga ada yang diseriusin pdkt sampai jalan bareng gimana gitu. SMA saya ngga pernah pacaran, emang ngga pengen aja. Udah seru temenan aja kayanya. Untungnya punya gebetan banyak adalah saya jadi semangat setiap ke sekolah. Kalau satu gebetan ngga masuk, masih ada gebetan yang lain. Paling seru pas duduk di kelas 3, kebetulan saya anak IPS yang kelasnya berada tepat persis di depan lapangan basket, jadi kalau Sabtu pagi, seneng banget tuh nongkrong depan tiang bendera di lapangan sambil makan bubur ayam dan nontonin yang pada main bola :D

Balik dulu sebentar saat saya duduk di kelas 2 SMA, mulai bimbang mau masuk IPA atau IPS. Kebetulan di sekolah saya ngga ada kelas Bahasa. Ortu keukeuh pengen saya masuk IPA, saya keukeuh pengen masuk IPS menyadari kemampuan saya yang lebih canggih dalam menghapal dan bukan itung-itungan. Dan setelah berbeloknya cita-cita saya dari menjadi dokter saat SD menjadi kerja di majalah saat SMP. Kerja di majalah tak butuh itung-itungan toh? Matematika dasar aja udah cukup. Akhirnya saya masuk IPS, ortu menyangsikan saya, mereka bilang saya menyia-nyiakan kemampuan dengan masuk IPS, padahal yang tau kemampuan saya siapa ya. Tapi akhirnya saya berhasil membuktikan kalau memang IPS lah jalur saya, terbukti dengan berhasil meraih ranking 1 pas bagi rapor dan menjalani cita-cita yang memang saya ingini, kerja di majalah. Dan, memang lebih menyenangkan menjadi anak IPS. Lebih seru :D





Last but not least, di SMA saya ketemu sahabat-sahabat yang sampai sekarang masih lengket kaya perangko. Banyak banget hal-hal menyenangkan dan menyebalkan yang udah kami lewati bersama. Kenal deket juga dengan keluarga masing-masing. Ada Lia, Eka, Rini tiga orang yang paling tau sifat dan karakter saya, tiga orang yang selalu ada kapanpun, tiga orang yang selalu mendukung saya. Suka ketawa sendiri kalau inget pas SMA saya suka berantem sama Eka. Heemm.. Sebenarnya sampai dua tahun lalu juga sempet berantem sih sama Eka, mungkin karena kami sama-sama ngga mau kalah ya. Hihihi. Kalau sama Lia beberapa kali berantem, tapi biasanya ngga sampai seharian udah baikan lagi. Kalau Rini, karena Rininya pendiam banget jadi adem-adem aja tuh. Dan ada juga Dinad, sahabat sebangku dari kelas 2 sampai kelas 3 yang dulu terkenal banget suka bawa cermin gede warna merah di tasnya, sekarang jadi teman kuliner dan partner olahraga paling kece. I heart you, girls...



Begitulah cerita kenangan masa sekolah saya. Sesuai dengan kenangan yang lempeng-lempeng aja. Rapor saya pun alhamdulillah lempeng-lempeng aja. Ngga pernah dapet nilai merah dan ngga pernah keluar dari rangking 10 besar. Lempeng ajaaa pokoknya... ;)

#ngeblogramerame

4 comments:

  1. i heart you asep ebeb :* hehehehe

    ReplyDelete
  2. Replies
    1. namanya juga anak ips. pasti seru dong! :) trimakasih sudah berkunjung..

      Delete