Tuesday, July 24, 2012

Cemilan dan Makanan Khas Lebaran

Alhamdulillah tahun ini saya masih bisa ketemu sama bulan Ramadan dan insya Allah Lebaran dalam beberapa minggu lagi. Bulan Ramadan ini, selain menjadi bulan penuh berkah untuk memperbaiki kualitas ibadah, untuk beramal dan berbuat baik terhadap sesama, juga jadi waktu kemunculan cemilan dan makanan enak-enak :) Emang ya kalau ngomongin makanan ngga akan pernah selesai. Jadi berikut ini, cemilan dan makanan yang saya nanti-nantikan saat Ramadan dan Lebaran. Selamat menikmati :)

Kastengel Cookies

Dibandingkan dengan Nastar, Putri Salju atau Sagu Keju, untuk kue kering Lebaran, saya paling suka Kastengel. Pada dasarnya saya memang suka banget sama keju, jadi konsistenlah ya sukanya kue keju juga. Kastengel yang saya suka tentunya yang rasa butter dan kejunya berasa, bukan hanya berwarna kuning tapi rasanya didominasi rasa garam yang asin. Kalau udah ketemu Kastengel yang enak, dijamin ngga bakal bertahan lama di rumah saya, langsung dicemilin. Kadang belum sampai Lebaran udah keburu abis kuenya, makanya selalu pesan Kastengel lebih banyak buat persediaan :)



Koko Krunch Cookies

Kue kering berikutnya yang saya suka adalah kue Koko Krunch. Perpaduan renyahnya sereal Koko Krunch dan cookie coklat yang manis terpadu sempurna. Kue Koko Krunch ini juga jadi kue yang dijamin ngga bertahan lama di rumah, karena jadi kue favorit keluarga saya. Pengen belajar bikin kue-kue kering gini. Lucu kan kalau buat ngasih hadiah Lebaran buat kerabat?
  

Tumis Lidah


Selain ketupat pakai opor ayam, rendang, sayur pepaya ditambah bumbu kacang kering yang bikin menu Lebaran makin gurih, makanan yang selalu saya tunggu-tunggu saat Lebaran adalah Tumis Lidah. Lidah sapi ditumis dengan mentega, bawang putih dan bawang bombay ditambah jamur kancing. Heemm. Lezaaat.. Biasanya saya makan ini di rumah  kakaknya aki saya, Nini Ati. Tapi, beberapa tahun belakangan, dikarenakan harga lidah sapi yang semakin mahal, jadi ngga setiap tahun Nini Ati bikin Tumis Lidah. Semoga tahun ini dia bikin ya :)



Mie Ayam

Satu lagi makanan yang selalu saya tunggu-tunggu saat Lebaran adalah Mie Ayam kampung yang dijual di gerobak. Pasti heran, kenapa Mie Ayam, bukannya itu biasa aja? Nah, Mie Ayam gerobakan ini berjualan di dekat rumah adiknya eyang uti saya di daerah Palmerah. Setiap Lebaran, Mie Ayam ini selalu buka, mungkin karena yang jualan tau ya kalau Lebaran banyak tempat makan yang tutup, sedangkan banyak orang kalau selesai bersilaturahmi pasti langsung nyari makan. Biasanya saya dan keluarga besar dari Papah berkunjung ke rumah Eyang Yuyun dan Eyang Tatang ini di hari kedua Lebaran. Jadi, udah ritual tiap tahun kami makan siang Mie Ayam di Lebaran hari kedua. Mie Ayamnya juga enak walaupun tanpa dikasih mecin, tetap gurih. Yang bikin makin ketagihan adalah sambalnya yang pedasnya juara. Saya bisa nambah satu porsi lagi kalau lagi kelaperan banget.


#ngeblogramerame

*PS: Berhubung ngga pernah foto kue dan makanan favorit Lebaran, jadi saya ambil semua gambar dari Google.

No comments:

Post a Comment