Monday, December 26, 2011

day 25: my day, in great detail

Heiho.. I'm back! Dengan tekad dan semangat baru untuk menyelesaikan tantangan blog. Gile udah ke-pending setahun lebih. Terakhir posting masih di multiply tanggal 15 September 2010. Heiyaahh.. Sekarang saya disuruh menceritakan hari saya dalam cerita yang detail. Hari ini saya full leyeh2 aja di rumah. Ada sih kehebohan pagi2 tadi, tapi ngga bagus ah untuk diceritain. Jadi saya cerita petualangan saya dan neng Dinad sehari di Bandung, seminggu yang lalu ya..

Jalan2 tektok ke Bandung ini udah direncanain dari kapan tau. Tapi baru terlaksana mid-December ini. Rencananya sih ngunjungin 3-4 tempat makan yang memang pengen kita icip2 dan foto2 makanannya, pergi naik kereta biar bisa liat pemandangan, pulang naik travel karena jadwal kereta Bdg-Jkt ngga ada yang sampe malem. Jadi hari Sabtu tanggal 17 Desember kemarin, jam 07.15 saya sudah sampai di Gambir. Dianterin bokap, berangkat dari Bintaro jam 06.45. Hanya 30 menit Bintaro-Gambir akibat bokap nyetir ngebut beneeer. Sampe Gambir mulai deg2an norak (seperti biasa yang dirasakan kalo mau jalan2 kemana aja). Tapi emang excited banget! Udah lama ngga naik kereta soalnya. Dinad dateng jam 07.45an. Ada kejadian lucu  tuh pas mau ketemuan sama Dinad, kan kita telpon2an nanya dimana:

Saya: "Gue duduk2 deket loket, neng" 
Dinad: "Gue udah di deket loket nih, tapi ngga ada penampakan loe" 
Saya: "Tunggu..tunggu loket loe nomernya berapa yaa? Gue loket 17"
Dinad: "Gue loket 8"

Eaaaa.. ya ngga mungkin ketemu, orang nunggunya di lobby Gambir yang beda.. Akhirnya saya nyamperin Dinad. Terus mampir ke Dunkin Donuts dulu, ngopi2. Jam 08.10 kami naik ke peron deh.



Jadwal kereta jam 08.25 molor, jadi berangkat jam 09.00an. Masuk ke keretanya eh kok bagus yaa. Sempet ngintip kamar mandinya juga, eh bersih. Ada LCD juga.. Kami dapat duduk di peron 1 seat 10ab. Tempat duduknya pun nyaman. Dan yang mencengangkan adalah di bawah meja ada stop kontak 2 biji, buat charger blackberry atau kalo mau kerja pake laptop juga bisa. Nice.. Lumayanlah naik Argo Parahyangan ini, harga tiket Rp80,000 yang Eksekutif (yang kami naiki) dan untuk Bisnis sekitar Rp40,000an.

Kereta pun perlahan2 berjalan meninggalkan Jakarta. Di tengah perjalanan ada mbak2 dan mas2 PJKA yang nawarin makanan, ada nasi goreng ayam, mie goreng spesial, nasi bogana, nasi serundeng dan tentu saja Indomie. Heemm..kedengerannya enak sih, tapi berhubung baru sarapan kok kayanya berat banget ya kalo makan nasi lagi. Toh sampai Bandung juga mau makan2 lagi. Akhirnya ngga beli deh. Waktu itu, penumpang kereta didominasi sama keluarga dan anak2 karena sudah masanya liburan sekolah. 

Masuk ke daerah sekitar Purwakarta, mata mulai dimanjakan dengan pemandangan bukit dan sawah yang serba hijau. Seger liatnya, jarang2 bisa liat kaya gini di Jakarta. Dan gongnya adalah saat kereta melewati terowongan yang kemudian jembatan terpanjang. Saat ngelewatin jembatan terpanjang itu kita bisa liat jurang dengan bukit2 hijau di jendela sebelah kiri dan jalan tol Cipularang di jendela sebelah kanan. Amazing view!



Jakarta-Bandung ditempuh sekitar 3.5 jam. Memang cukup lama, tapi terhibur dengan pemandangan yang indah dan bebas dari pegal2 seperti kalo naik travel. Kalo mulai pegal bisa tinggal jalan2 keliling gerbong kan. Sampe di Bandung jam 12.00an, foto2 bentar terus cari taksi. agak susah tuh nyari taksi argo di stasiun Bandung. Akhirnya keluar gerbang stasiun dan nunggu taksi yang lewat. Dapet BlueBird langsung cus ke destinasi pertama, IBCC Food District.

IBCC adalah kompleks pertokoan keramik dan saniter (seperti kalo di Jakarta itu di daerah Panglima Polim), bahkan Ace Hardware juga ada. Nah, kebetulan selama sebulan lagi ada festival makanan tahunan. Tempat parkir IBCC disulap jadi lorong penuh berbagai booth2 makanan dan jajanan enak. Disini kami ketemu sama Teh Sasya. Teh Sasya itu temennya Dinad, mereka sama2 jadi ibu gurunya @SoalBowBow. Kerjanya di management-nya IBCC, kalo ngga salah festival makanan itu dibikin dari idenya dia juga. Pemilik situs SurgaMakan ini emang dedengkotnya kulineran Bandung deh. Jadi, pas kami sampe sana, langsung diajak muter2 liat booth2 makanan, dikasitau yang enak2 apa aja. Hehehe.

Kami nyobain sate ayam dan sate sapi di booth Sate Ayu, terus beli Es Krim Cincau (es cincau ditambahin es krim), Bola Ubi (bentuknya bulet2 tapi isinya kosong kaya tahu pong. Enak bangeeet!), Takoyaki yang berasa isinya bukan cuma tepung doang, terus nyobain DimSum sama Kue Kentang Almond. Langsung kenyang lhoo, padahal makannya berdua sama Dinad. (yaeyalaahh banyak gitu yang dipesen). Disini kami juga beli Tongkol Setan buat dimakan sama nasi panas kalau nanti udah sampe rumah. Tongkol Setan ini,sebenernya adalah tongkol disuwir2 pake cabe terus dikemas di plastik. Kalo mau makan tinggal dipanasin, terus langsung makan deh  soalnya udah mateng.  Ada tingkatan pedesnya lho. Kalo mau liat penampakannya kaya apa dan mau pesen2 langsung cek twitternya aja @TongkolSetan, gan.


Kenyang di IBCC lanjut ke Prima Rasa, beli oleh2 buat orang kantor dan orang rumah. Naik taksi didrop sama Teh Sasya yang mau pulang ke rumah. Ada lagi cerita kocak pas kami di Prima Rasa. Mendadak tas ranselnya Dinad retsletingnya jebol! Kena tulah kayanya gara2 pas di kereta si Dinad muji2 tasnya yang udah dipakai sejak SMP dan masih bagus sampe sekarang. Mungkin tasnya ngambek kali ya, karena setelah itu, saat berbincang2 soal FO (saya mau mampir FO, udah lama ngga beli baju dan mau nyari kado ultah untuk bokap), Dinad ngomong "Gue ngga mau belanja ke FO ah, maunya liat tas aja" sok atuh, neng..jadi aja jebol deh tasnya. Walopun tas udah jebol, tetep lhoo si Dinad sempet2nya beli Tahu Pletok favoritnya, yang jualan di depan Prima Rasa. Tahu  pletok ini, tahu dipakein tepung, digoreng, makannya pake sambel kecap, enaaakk.. :) Berhubung masih kenyang dan udah dikejar waktu, jadinya Tahu Pletok ngga dimakan on the spot, tapi dibungkus buat dimakan di jalan.


Dari Prima Rasa, Saya dan Dinad naik taksi ke daerah Jl.Sumatra. Destinasi berikutnya adalah Origin House & Kitchen. Pertama kali masuk udah suka sama tempatnya. Terlihat asri dan sejuk. Origin memang menjual konsep organic and healthy lifestyle. Di bagian depan, ada swalayan yang khusus menjual makanan sehat dan makan organik. Lebih ke dalam lagi, kita akan menemukan surga bagi pecinta produk perabotan rumah IKEA yang dijual disini. Lucu2 sekali perabotannya, sayang harganya kurang ramah di kantong. Masuk ke dalam lagi, barulah kita sampai di tempat makan yang semi-outdoor, ramah lingkungan  dan hemat energi. Tidak ada AC, tapi jangan takut bakal kepanasan, karena ruangan sudah didesain sedemikian rupa sehingga sirkulasi udaranya mengalir dengan lancar. Interiornya comfy banget. Modern dengan warna-warni yang bikin adem, banyak tanaman dan beberapa sangkar burung digantung di tiang2. Feels like home. Makin kagum sama Origin yang commit dengan konsep healthy livingnya, semua pengunjung yang makan disini dilarang merokok. Bahkan mereka sangat memperhatikan kebersihan toiletnya, bersih banget dan interiornya keren.


Kami pun segera duduk di salah satu meja dengan sofa dan melihat2 menu. Semua makanan  dan minuman Origin terbuat dari bahan2 organik. Menu unggulan Origin adalah Pumpkin Soup, sayang kemarin kami ngga nyobain karena udah abis. Jadi akhirnya kami memesan Smoked Salmon Salad dan Broccoli Soup. Enaaakk semuanya. Pengen ke Oorigin lagi nyobain main coursenya. Untuk harga lumayan ramah di kantong, rata2 masih dibawah Rp50,000an. Rasa makanan yang enak, fresh, porsi cukup mengenyangkan, presentasi makanan yang cantik, pelayanan yang baik dan interior resto yang keren, Origin worth it banget buat dicoba. Oiya, di Origin akhirnya saya ketemu sama Teh Pino, yang suka jualan keripik2 endeus @LittleMissYou. Teh Pino ini temennya Dinad juga. Selama ini saya cuma email2an aja, mesen keripik. Ternyata orangnya rame banget dan punya tato lucu di tangannya.

Selesai dari Origin, disempetin mampir ke Exsport yang lokasinya di seberang Origin, buat beli tas Dinad. Udah mulai gerimis2 tuh. Selesai belanja tas dan mindah2in isinya, cari taksi lagi deh untuk ke daerah Jl. Trunojoyo. Berhubung masih ujan, taksi susah dicari, telpon BlueBird dan GemaRipah pun sibuk terus. Akhirnya memutuskan naik angkot aja, berhubung banyak angkot lewat depan Exsport. Nanya rute angkot ke tukang parkir deh, ternyata kalo mau ke Trunojoyo harus naik 2x angkot dan jalan sedikit sekitar 200m. Baiklaah..dijabanin deh tuh yeh ujan2, bawa belanjaan oleh2, naik turun angkot dan jalan kaki. Emang dasar saya sama Dinad itu sama. Paling males buka payung. Ribeeeett..


Setelah perjuangan becek2an, sampailah kami ke destinasi berikutnya ETC (et cetera). Sebenarnya pas kunjungan kami sebelumnya ke Bandung bulan Mei yang lalu, udah pernah singgah kesini, tapi waktu itu cuma minum bir peuyeum aja, ngga nyobain steak2nya. Emang enak banget bir peuyem., nama aslinya Cassava Beer, singkong difermentasikan sehingga menjadi bir. Sayangnya kemarin bir peuyeumnya udah abis. memang kurang beruntung, tadi di Origin keabisan Pumpkin Soup, di ETC keabisan bir peuyeum. Yaudah akhirnya pesen bir lain dan Hot Tea untuk minumnya. Makanannya pesen steak2an. Untuk porsi steak yang cukup besar dan rasa yang enak, harga sekitar Rp40,000-60,000an termasuk murah lho. Happy tummy deh pokoknya. Kami cukup lama tuh di ETC, lumayan istirahat, pegel juga kaki dan perut pun kekenyangan :)

Jam 18.45 pun akhirnya kami beranjak dari ETC. Kabar buruknya adalah masih ujan dan taksi susah dicari dan ditelepon. Akhirnya jalan kaki lagi ngelewatin rute yang sama. Terus 2x naik angkot ke arah Cihampelas, tempat pool travel. Dan sama seperti di Jakarta, kalo udah ujan ya pasti macet lah ya. Apalagi di Cihampelas. Sempet deg2an juga tuh, takut telat, karena travelnya Dinad berangkat jam 20.00 sedangkan saya 20.30. Udah kepikiran aja tuh, enak kali ya kalo nginep, ngga perlu bakbikbuk buru2. Sebelnya, sepanjang jalan itu saya kebelet buang air kecil. Lupa mau pipis di ETC. Saya itu orangnya memang pemilih banget kalo mau ke toilet. Males kalo toiletnya jorok, ya kan kalo pool travel, toilet ngga bisa diarepin kan. Jadi sepanjang jalan, mikir mau pipis dimana. Apa berhenti dulu di CiWalk ya, kebetulan pool travel kami memang ngga jauh dari CiWalk. Tapi nanti jalannya lumayan. Hemm..

Alhamdulillah, Dinad pas banget sampe travel tepat waktu. Pool travel saya sedikit lebih jauh, bedanya sekitar 100 meterlah dari pool travelnya Dinad. Alhamdulillah lagi setelah pool travel Dinad ada Aston Tropicana Hotel, yaudah ngga mikir lagi, saya langsung turun dari angkot, masuk ke dalam, melewati lobby dengan pede, masuk ke kamar mandi dan pipis. Horeee!!! Abis itu belagak bego keluar dari kamar mandi, langsung keluar. Hahahahha..Sukses..Lanjutin jalan kaki deh ke pool travel saya. Nunggu 15 menitan sambil cek2 twitter. 20.30 jalan deh travelnya. See you later again, Bandung, masih banyak tempat makan yang belum kami sambangi lhoo..Hahaha.. selamat membaca postingan saya yang super panjang ini ya. Cukup detil bukan? Kalo mau liat foto2 nge-bolang saya dan Dinad ke Bandung, silakan ke facebook aja ya.

No comments:

Post a Comment